Simulator Analisa Proyeksi Keuangan (SiApik)

Membuat aplikasi android, iOS dan website sudah selesai, sekarang lagi coba bikin aplikasi keuangan buat fotografer, saya menyebutnya  SIMULATOR BISNIS MODEL yang bisa digunakan oleh fotografer sebelum menekuni bisnis fotografinya lebih jauh.  Tentu saja sebelum itu harus tahu dulu tentang  KANVAS BISNIS MODEL, baru dilanjutkan dengan  implementasinya. Betul kan!

Maklum untuk ukuran seniman, masalah matematika rasanya menyebalkan, termasuk saya yang gak suka ngitung, tapi karena gak diterima di sekolah seni, terpaksa jadi akuntan. Padahal saya sendiri heran lho, kok ya sekolah itu mau nerima saya….?

Simulator bisnis model ini, belum saya beri nama, tapi awalnya dibuat sejak setahun lalu, dan setiapkali saya buka selalu ada perbaikan dan koreksi untuk meningkatkan kemudahan dan akurasinya. Itulah untungnya jadi orang bodoh, karena kerjanya lambat, jadi bisa mengerjakan dengan bertahap, tanya kiri kanan, dan cari bocoran dari para fotografer profesional tentang rahasia dapur mereka yang seringkali sulit untuk di intip. Menyangkut soal nama, ada nama asing yang cocok di telinga saya saat pertamakali membuatnya yaitu FINANCIAL OUTLOOK, tapi rasanya kok gak asik gitu.. .. terlalu ke barat baratan. Lalu saya coba bikin nama lain, yakni “SiFinout” yang merupakan singkatan dari “Simulator Financial Outlook” ternyata masih bahasa inggris juga nih…!! Ya sudah lah… apa artinya sebuah nama, yang penting saya coba buat supaya ada kemudahan bagi orang seperti saya ketika belajar merencanakan bisnis fotografi.

Mau ngintip screen previewnya?

Ini aplikasi yang saya buat dengan sederhana, memanfaatkan aplikasi excell microsoft office, yang hasilnya bisa memberikan gambaran tentang faktor faktor apa saja yang harus disiapkan dalam kanvas bisnis model, dan akan mempengaruhi kinerja keuangan kita di masa depan. Formulasinya dibuat dalam periode tahunan, sampai lima tahun, dan disajikan perhitungannya secara langkap, dengan rincian sbb;

  1. Asumsi dasar
  2. Arus Kas
  3. Investasi asset dan penyusutannya
  4. Perhitungan Sewa tempat usaha – kalo ada
  5. Perhitungan Gaji karyawan
  6. Laporan Laba Rugi
  7. Laporan Neraca

Kalo mau jujur, sebenarnya aplikasi ini belum sempurna, karena belum saya uji coba kepada para fotografer profesional,  tapi sudah terbayang beberapa hal kelemahannya antara lain;

  • Formulasi detil harga rata-rata tidak mewakili harga produk premium, sehingga perhitungan jumlahtransaksi rata rata jadi tidak akurat. Solusi untuk ini pun sudah saya pikirkan, yaitu dengan membuat sistem index-factor yang membuat sistem perhitungan dengan skala tertentu sehingga jumlah transaksi untuk layanan/produk premium, seperti wedding, prewedding, corporate, desain iklan, dsb, bisa lebih akurat, sementara untuk produk retail bisa ditentukan dengan index satu (1). Sementara ini problem solved, tapi belum saya kerjakan… maklum keasikan bikin blog ini sih…!
  • Tampilan formulir pada end-user sangat membingungkan, karena tersebar begitu lebar dan tidak bisa muncul dalam satu layar. Solusi untuk ini juga sudah saya pikirkan, yaitu dengan membuat formulir dalam satu layar yang tinggal di isi parameter nya, dan bisa langsung melihat dampak atau hasilnya dalam layar yang sama. Konsekuensinya, banyak informasi harus di hilangkan, dan diganti dengan pop-up comments, yang akan muncul sebagai help-menu ketika penggunanya binggung mau ngisi angka apa nih? Untuk hal ini, sedang di redesign juga, tapi belum sepenuhnya sempurna. Nunggu masukan dari para fotografer profesional yang mau nyoba aplikasi ini.
  • Parameter yang digunakan sifatnya sangat subjektif, dan dipengaruhi oleh faktor pengalaman, pengetahuan dan karakteristik penggunanya, kalo orang yang konservatif, biasanya sangat ragu menulis angka yang optimis, sehingga hasilnya cenderung rugi atau tidak menguntungkan, tapi buat orang yang progressif, rasanya jadi berlebihan karena untungnya sangat bagus, dan bisa jadi membuat proses pengambilan keputusan jadi salah. Inilah risiko para pengguna jika tidak tahu apa saja yang jadi ukuran risiko, padahal pada waktu saya membuat forum tentang risiko bisnis fotografi, banyak fotografer yang cuma bisa mengejek, seolah tulisan saya tidak ada manfaatnya. Lihat saja diforum saya disini; Mengantisipasi Risiko Bisnis

Sebenarnya masih banyak lagi kelemahan lainnya, tapi belum bisa saya tuliskan disini, masih menunggu masukan dari rekan rekan semua, yang kalo diminta sarannya, ternyata pelit banget…  😦

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, saya cuma minta partisipasinya dalam acara bedah buku di Focus Nusantara, hari Minggu, tanggal 29 April 2012.  Nanti bagaimana cara mengisi parameter, dan mendapatkan filenya, bisa saya pandu dalam acara tersebut.

Jika anda menemukan artikel ini setelah tanggal 29 April 2012, jangan sungkan untuk mampir ke situs saya yang lain, pasti ada kesempatan buat membahas aplikasi ini kok. Tenang saja….  🙂

Nah sekarang waktunya untuk berbagi,  walaupun saya belum sempat membuat model aplikasi terbarunya, namun saya persilahkan buat para peminat aplikasi ini, untuk download sendiri melalui link ini  http://fotograferhebat.com/registrasi/index passwordnya kalo gak salah : P1csM4ster2012, silahkan di eksplorasi lebih mendetil, jangan takut dengan angka angka yang ditampilkan, sesuaikan dengan kebutuhan pribadi, jika perlu masukan angka satuan paling kecil yakni NOL, setidaknya jika ada anomali pasti akan tampil pesan error, jadi saya bisa dapat masukan dari para penggunanya.

Selamat mencoba…

salam,

heru m sidik

Advertisements

4 thoughts on “Simulator Analisa Proyeksi Keuangan (SiApik)

  1. herusidik Post author

    Sementara saya catet dulu ide untuk nama baru :

    SiProKeu = Simulator Proyeksi Keuangan
    ARKU = Aplikasi Ramalan Keuangan
    ALKEMAD = Analisa Laporan Keuangan Masa Depan
    Si APiK = Simulator Analisa Proyeksi Keuangan
    Si Katro = Simulator Keuangan Fotografer
    Si AKAF = Simulator Analisa Keuangan Fotografer

    ada lagi yang mau nyumbang nama… ?

    Reply
  2. herusidik Post author

    Setelah menimbang dan sedikit provokasi untuk para fotografer, saya akan beri nama aplikasi ini :

    “SiAPiK Fotografer Hebat”

    Dimana aplikasi ini memang dirancang untuk fotografer yang ingin membuat analisa proyeksi keuangannya jika akan mengembangkan usahanya. Bukan suatu yang sulit untuk mempelajarinya, saya akan buat jadi lebih mudah buat semua orang, tapi tunggu hasil testingnya tanggal 29 April 2012, di focus nusantara, bersama rekan rekan yang ikut acara bedah buku “Pabrik Duit Tukang Potret”

    Acara ini, adalah persembahan saya untuk para fotografer yang ingin mengembangkan wirausaha fotografi, jadi saya ingin mengenal mereka dan bagaimana komentar mereka tentang buku saya dan aplikasi yang saya buat.

    Mudah mudahan mereka akan menjadi calon calon mitra saya dimasa depan nanti…

    Amin…

    Reply
  3. sulungnof

    Luar biasa Boss ku ini :). SiAPiK, sebutan yang apik. Kalau boleh meramaikan sumbangan nama, saya juga mau ikutan…

    “SidiK” (Simulator Cerdik Proyeksi Keuangan). Hehe, langsung branding nama ‘inovator’.

    Reply
  4. sulungnof

    SiAPiK, sebutan yang apik, Boss :).
    Kalau boleh mau meramaikan sumbangan nama juga yah…

    “SidiK” (Simulator Cerdik Proyeksi Keuangan). Langsung branding ‘inovator’. Hehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s