Menanam Pohon Tin Abicou

Pagi ini merupakan hari ke 28 Ramadhan 1435H,  Sabtu 26 Juli 2014. Saat shalat subuh, surat At Tin menjadi bacaan syahdu yang membawa pikiran melayang ke halaman rumah dimana ada sepasang pohon Tin Abicou dan Khurt Mani, sedang menunggu giliran untuk ditanam di halaman rumah.

Kedua jenis pohon Tin ini merupakan jenis yang memiliki ukuran buah lumayan besar, dan mudah berbuah. Itu yang menjadi alasannya saya membeli pohon ini dari seorang pembibit di daerah Jawa Tengah.

image

Saya membuat tulisan ini, karena romantisme saat akan menanamnya kok muncul begitu saja, sehingga ketika shalat subuh selesai, saya segera ke pekarangan rumah untuk melihatnya dan mempersiapkan prosesi penanamannya.

Bagaimana cara tanamnya, akan saya buat urutannya berikut ini:

1. Saat mulai menggali tanah, ukuran lubang saya buat sebesar 50x50x40cm, dengan pertimbangan, seolah saya membuat persediaan makanan untuk kebutuhan tanaman ini selama paling tidak setahun. Saat membuatnya pun saya membayangkan sedang membuay pot ukuran besar didalam tanah pekarangan.

image

2. Lalu segera menyiapkan 3 karung media tanam yang subur, plus 1/2 karung pupuk kandang, dan 1/2 karung sekam padi, yang dicampur rata.

image

3. Sisakan sebagian media tanam yang dibuat untuk di tumpahkan kedalam lubang saat tanaman sudah dalam posisi tanam.

image

4. Rumput yang sebelumnya sudah dibongkar saat membuat lubang, kini ditanam lagi menutupi sebagian lubang tanam, supaya terlihat rapih.

image

5. Sore harinya tanaman disiram supaya segar.

image

Mudah ya…

Soalnya yang mengerjakan bukan saya, jadi tugas saya cuma membuat dokumentasi ini, supaya bisa dibaca oleh mereka yang membutuhkan. Mudah mudahan bermanfaat.

Penulis: Heru Muara Sidik

Leave a Reply

