Stek pucuk Xanthostemon

Bunga Xanthostemon adalah bunga cantik yang banyak mengandung nectar dan digemari lebah kelanceng.

Beberapa bulan yang lalu, saya coba cari bunga Xanthostemon asal Australia, yang bunganya unik berwarna pink, ada juga yg merah dan kuning.

Harga tanaman ini cukup mahal, dan petaninya mengalami kesulitan dan seringkali gagal untuk mengembangkannya.
image

Namun ada satu pekebun, mas Ari, yg punya banyak bunga jenis ini dan berhasil mengembangkan dalam jumlah ribuan. Nah dari sini saya beli 50 batang yang saya gunakan untuk pagar rumah.

Saat bunga mulai bermunculan, ternyata banyak yang berminat untuk memetik dan bahkan mencabutnya secara diam diam… mmh… ini namanya mencuri ya.

Sungguh bikin kecewa saja, padahal tanaman tersebut saya rawat supaya bisa dinikmati bersama, namun karena sudah dua pohon melayang, akhirnya harus ikhlas pasang pagar yang lebih rapat dan beli tambahan 20 pohon lagi untuk memperindah taman. Bahkan saya siapkan bibit ekstra untuk mereka yang tertarik tanam supaya tidak perlu mencuri lagi.

Melalui mas Ari ini, saya belajar ‘stek pucuk’, dimana prosesnya kurang lebih sbb:

  1. Proses stek pucuk, perlu waktu 40-60hari untuk tumbuh akar.
  2. image

  3. Langkah pertama, cari pucuk muda yang sudah berkayu. Ambil sepanjang 10-15cm atau sekitar 4-6daun dari pucuk.
  4. Lalu rendam selama 2menit dengan zat pengatur tumbuh (hormon) perangsang akar seperti auksin dengan takaran 1÷200, atau alternatifnya pake beberapa siung bawang digerus dan dilarutkan dalam air satu gelas, atau bisa juga menambahkan bubuk kayu manis pada bagian bawah batangnya sebelum ditanam.
  5. Sisakan 30% daun yg ada dipucuk, dan buang daun yg bagian bawah.
  6. image

  7. Tanam dalam polibag, lalu  disungkup dengan menutup seluruh pucuk dengan gelas aqua bekas, untuk mengurangi penguapan.
  8. Taruh ditempat teduh, dan siram secara teratur selama beberapa bulan sampai akarnya tumbuh.
  9. Media tanam, boleh dicampur sekam 1÷1 atau gunakan tanah humus.

Cara ini akan membantu perbanyakan bibit berbagai tanaman berkayu dengan cepat.
Tehnik ini bisa diterapkan pada tanaman Delima, Tin dan berbagai tanaman lainnya bahkan pohon durian.

Selamat mencoba.

Advertisements

10 thoughts on “Stek pucuk Xanthostemon

  1. lela

    Pak Heru mohon ijin copas artikelnya kebetulan saya punya bibit delima mau coba di perbanyak. mau tanya juga, delima saya lagi belajar berbuah tapi bunga baru mekar sudah jatuh bagaimana cara agar semua bunga yang mekar dapat menjadi buah. terima kasih

    Reply
    1. herusidik Post author

      Saat berbuah, jangan dipupuk dengan urea atau pupuk kandang. Gunakan pupuk nPK khusus buah dengan unsur mikro. Jadi unsur nitrogennya (N) lebih sedikit, phospat (P) dan Kalium (K) lebih banyak, plus mangan, boron, zn dan unsur mikro lainnya.

      Reply
    2. herusidik Post author

      Silahkan saja… untuk bunga supaya tidak rontok, biasanya diberi pupuk dengan kandungan micro yang lebih lengkap, seperti boron, mangan dll, jadi bisa lebih tahan tidak rontok. Namun jika tanaman masih kecil dan itu merupakan bunga yang pertama, maka biasanya memang rontok,karena jumlah daun dan ukuran batang belum mampu untuk menopang buah.

      Reply
    1. herusidik Post author

      Pohon mangga gak bisa di stek, karena terlalu besar, mudah busuk. Lebih baik di cangkok saja kalo mangga, atau alternatifnya bisa membuat bibit sendiri dari biji, lalu saat sudah tumbuh di stek dengan pucuk mangga yang diinginkan.

      Reply
  2. yusmita

    Pak… kebetulan saya cari tanaman ini. Apa bpk menjualnya atau minta informasi lebih lanjut pekebun yang menjual tanaman ini? terima kasih.

    Reply
    1. herusidik Post author

      Saya gak jual sih, hanya kebetulan punya banyak, karena dipake buat pagar sekeliling rumah.

      Coba hubungai Ari Rahadi, dulu saya beli sama beliau, di 085624292849

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s