Stek batang Delima Spanyol

Stek batang delima spanyol ini merupakan tehnik yang sama seperti sambung pucuk bunga xanthostemon.
Ambisi untuk membuat 1000 batang bibit delima spanyol, mendorong semangat untuk membudidayakan dengan cepat dan mudah. Langkah pertama dilakukan percobaan dengan 15 batang, menggunakan media tanam tanah humus tanpa campuran sekam dan hasilnya hampir semuanya tumbuh akar pada minggu ketiga, dan serentak mati kering saat pada hari kedua sungkup dibuka. Penyebabnya karena bibit tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan yang mendadak, dimana sebelumnya udara sangat lembab, lalu tiba tiba menjadi kering ketika sungkup dibuka.

Percobaan berikutnya dilakukan lebih hati hati, dengan mengubah komposisi media tanam dengan sekam (1:1), lalu sungkup dibuka pada minggu ke empat dengan proses adaptasi bertahap, dimana sungkup dipasang saat pukul 9 pagi sampai 16 sore, selama 3 hari berturut turut, dimana secara bertahap memperpendek waktu tersungkup.
image

Pada percobaan kedua, kami mencoba beberapa stek dengan batang potongan pendek (+/- 5cm), sekitar satu ruas daun, dan berhasil, bahkan saat saya coba ditanam terbalik pun tetap tumbuh dengan akar diatas, jadi jangan kuatir untuk terus mencobanya, karena kelembaban udara mampu mempertahankan batang tanaman tetap segar selama lebih dari sebulan.

Tingkat keberhasilannya lumayan tinggi, saat ini 100% masih hidup pada hari ke tiga setelah sungkup dibuka.

image

Hasil ini mendorong saya untuk segera membuat bibit batch kedua menggunakan sisa polibag yang ada, dan mendapatkan sekitar 40 polibag. Jika berhasil, maka sudah sekitar 110 bibit yang siap di besarkan. Harapannya, setiap minggu bisa membuat 50 polibag, selama persediaan media tanam dan sekam masih tersedia.

Beberapa tips untuk melakukan stek batang ini adalah sbb:

  1. Pelajari tehnik stek-pucuk karena prinsip kerjanya sama saja, hanya jika jenis tanamannya berbeda, tentu ada beberapa perbedaan perlakuan juga, terutama pada media tanam dan lamanya waktu adaptasi saat sungkup akan dibuka sepenuhnya.
  2. Siapkan batang Delima Spanyol yang akan dipangkas dan tidak terpakai. Biasanya batang yang menjulur panjang ke arah yang mengganggu keindahan.
  3. Potong sepanjang dua ruas daun, walaupun bisa lebih pendek, namun ukuran 2 ruas daun itu yang paling nyaman karena bisa menancap kuat didalam media tanam.
  4. Buang daun bagian bawah, lalu kurangi lebar daun bagian atas supaya mudah disungkup dan sedikit penguapan.
  5. Lukai sedikit batang bagian bawah pada beberapa bagian saja. Ini bertujuan supaya akar bisa tumbuh lebih banyak
  6. Tancapkan batang tadi pada polibag yang berisi media tanam campuran sekam, lalu sungkup dengan bekas gelas aqua sebagai ‘mini green-house‘.
  7. Letakkan di tempat teduh dan siram secara teratur, selama minimal 21 hari paling lama 30 hari sudah tumbuh banyak akar.
  8. Lakukan adaptasi dengan membuka sungkup mulai pukul 16 sore sampai pukul 8 pagi ditutup lagi, lanjutkan sorenya ditutup lagi lebih siang pukul 15 dan dibuka lagi pukul 9 pagi, lanjutkan ditutup lebih siang lagi pukul 14 dan di buka lagi pukul 10 pagi. Cukup 3 hari biasanya tanaman sudah kuat untuk dibuka seterusnya. Apabila ada tanda tanda layu, segera disungkup lagi dengan gelas aqua karena belum kuat menghadapi perubahan suasana baru.

image

Itu saja rahasianya…. kalo mau ditambah perendaman /penyiraman hormon auksin perbandingan 1:200 juga boleh, atau gantinya juga bisa dengan 5 siung bawang merah digerus dan dicampur air satu gelas, lalu batang yang mau ditanam di rendam dulu 5 menit.

Update Jan 2016:
Pertengahan jan 2016 yang lalu, sempat saya gunakan perangsang akar berbentuk tepung yang di campur sedikit air agar menjadi pasta. Lalu ujung batang yang akan ditanam di olesi campuran ini dan dibiarkan mengering. Baru setelah itu ditanam. Hasilnya ternyata bagus dan tumbuh lebih cepat dari perkiraan.

Alternatif lain, ada juga yang menggunakan madu murni sebagai perangsang akar. Namun hasilnya malah batang yang ditanam membusuk, namun menurut rekan yang menyarankan, jika menggunakan madu, sebaiknya batang tsb di tancapkan dulu ke dalam bongkahan kecil floral-foam, baru setelah itu ditanam kedalam tanah. Untuk tehnik yang terakhir ini belum semoat dicoba, karena belum sempat beli floral-foam.

Jika informasi ini cukup bermanfaat, silahkan dibagikan di wall rekan rekan semua, jadi saya bisa numpang bangga jika suatu saat nanti ada yang pamer foto Delima Spanyol dari hasil stek batang.

Jika ada yang belum punya bibitnya, bisa beli dari pembibit profesional yang ada di internet, jika mau gratis, silahkan mampir ketempat saya. Mudah2an masih ada bibit yang tersisa, atau paling tidak bisa bawa entres atau batangnya buat di tanam sendiri di rumah.

Saya akan selalu berdoa buat anda semua semoga sukses….!!

Salam,
Heru Muara Sidik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s