Mengenali diri sendiri

image

Jika anda pernah ikut rapat yang melibatkan para senior leader, anda bisa  mengenali berbagai perilaku mereka. Melihat perilaku mereka, kita bisa membuat  kategori  dalam 5 jenis (tipe) pesertanya.

1. Tipe Pemimpin – Mereka yang inspiratif dan punya jawaban dari setiap problem yang dihadapi bersama. Berambisi untuk selalu unggul dan terampil menyusun prioritas serta fokus pada prioritas utama, punya tujuan dan selalu aktif memikirkan keberhasilan perusahaan.
2. Tipe Pelajar – Mereka yang pandai menelaah, memetakan dan menemukan masalah, walaupun belum tentu punya jawaban, mereka aktif bertanya dan menyampaikan idenya dalam upaya memperoleh jawaban atas problem yang dihadapi bersama.
3. Tipe Turis – Sejak awal kehadirannya hanya ingin setor muka, yang penting terlihat aktif tanpa peduli hasilnya. Pokoknya biar rame dan selalu terlibat dalam berbagai kesempatan penting.
4. Tipe Tahanan – Mereka ini sebenarnya sudah tersiksa sejak awal kehadirannya. Sangat ingin segera mengakhiri acara, tapi tak berdaya menghadapinya.
5. Tipe Teroris – Walaupun pemimpin senior, hati mereka susah lihat orang lain senang, dan senang melihat orang lain susah. Selalu merasa kalah, dan cenderung mencari problem dari setiap jawaban atau usulan kawan kawannya, supaya semua orang menderita, walaupun diri sendiri ikut rugi.

Dari uraian diatas, sekarang kita lebih tahu tentang diri sendiri dengan melihat orang lain. Begitulah kehidupan memberikan pelajaran penting dari masa ke masa….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s