Acute blue finger

Rabu, 1 Juni 2016.

Saat bangun pagi sejak pukul 5 pagi ada rasa sedikit pening dan bagian pergelangan serta telapak tangan kiri terasa sedikit sakit dan pegal. Sementara itu pada bagian jari kelingking terasa kesemutan dan bagian ujung jari terasa agak bengkak daripada kelingking kanan.

image

Saat pukul 6 pagi

Awalnya tidak terlalu saya pikirkan, karena biasanya akan hilang seperti rasanya orang kelelahan dan segera pulih dalam beberapa jam kedepan.

Namun saat pukul 8 pagi, ruas paling kahir terlihat agak membiru jika di tekan, dan terasa kebas seolah jari kelingking sedang di ikat karet. Walaupun rasa sakitnya tidak terlalu luar biasa, namun timbul rasa penasaran terhadap masalah ini. Akhirnya pada pukul 9 pagi, saat ujung jari semakin membiru, saya berobat pada dokter umum perusahaan.

Harapannya, akan ditangani lebih tepat sebelum timbul masalah lebih berat. Namun ternyata dokter umum tidak memberikan pendapat yang jelas, namun malah menduga ada kemungkinan terbentur atau pecahnya pembuluh dara kapiler didalam jari kelingking, apalagi tidak ada keluhan lain, sehingga disarankan untuk periksa darah ke esokan harinya.

Atas kesimpulan tersebut, sebenarnya saya kurang paham dan mencoba menggali informasi melalui seorang teman SMP111 yang sekarang jadi dokter. Namanya dokter Haryo Pujonarto (Yoyok) yang akhirnya memberi gambaran bahwa symptom yg saya alami kemungkinan penyakit Buerger Desease, yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah yang mengarah pada jari kelingking tersebut. Lalu disarankan segera menuju rumah sakit yang lengkap untuk mendapat pertolongan yang tepat oleh dokter spesialis cardiovascular.

Siang harinya, setelah membesuk kawan yang sakit dan menyelesaikan rapat dengan pengurus FKSPI, dalam perjalanan pulang dengan taxi, saya memutuskan langsung menuju ke UGD-RSPI, mengingat warna jari kelingking semakin menghitam.

image

Warna makin menghitam pada pukul 17

RSPI saya pilih, karena memiliki catatan medis saya selama ini, dan memiliki dokter spesialis yang lengkap. Saat di UGD, saya ditangani oleh dokter Ahmad Faisal yang mengatakan bahwa saya mengalami ACUTE BLUE FINGER, karena saya bukan perokok dan hal ini terjadi akibat emboli bekuan darah yg menyumbat saluran arteri ke arah jari kelingking. Partikel bekuan darah biasa terjadi karena pengentalan darah yang pada umumnya di alami penderita hipertensi.

Oleh dokter disarankan untuk opname selama 3 hari sampai hari sabtu, karena symptom ini dianggap risiko tinggi. Symptom ini jarang terjadi pada jari tangan, biasanya langsung mengarah ke otak (strook) atau jantung.

image

Saya merasa beruntung karena bisa segera mendapat penanganan yang tepat, sehingga jaringan kelingking kiri bisa saja mati akibat supply darah yang terhambat, dan berakhir pada amputasi jari kelingking.

Kamis, 2 Juni 2016

Pengobatan dengan pengencer darah heparin, cukup membantu, karena pada pagi harinya, warna jari lebih cerah dan masih bisa digerakkan walaupun agak sakit dan masih membengkak.

image

Kondisi pagi hari, cukup membaik. Saat ujung jari kelingking di ukur dengan oxymeter, sudah langsung terbaca, sama dengan jari jari lainnya. Padahal kemarin sore sampai malam hari, oxymeter tidak bisa membaca kondisi jari tersebut.
image

Setelah itu, karena sudah membaik, istri saya mencoba memijat dan menghangatkan jari yg sakit dengan menempelkan botol aqua yg di isi air hangat. Rasanya nyaman dan merasa lebih baik, namun saat di uji dengan oxymeter, jari tersebut tidak bisa terbaca lagi, begitu pula saat di ulangi lagi pada pemeriksaan berikutnya, hingga pada sore hari jam 16, saat di uji lagi akhirnya bisa terbaca.

Kurang jelas juga masalahnya, namun dokter menyarankan untuk tidak memijat atau memanaskan jari tersebut.

Malam hari ini, warna jari lebih cerah, walaupun warna gelapnya makin melingkar kearah kuku, namun saya merasa lebih baik.

image

Jumat, 3 Juni 2014

Terlihat warna jari kelingking semakin cerah, bahkan terlihat jelas pada ruas ujung jari ada warna merah yang mulai menggantikan warna biru/ungu, tanda tanda baik.

Tekanan darah relatif sangat baik buat ukuran sehari hari… 130/80. Semua ini merupakan dampat pengobatan yang cukup intensif, dengan pengencer darah heparin.

image

Perkembangan dari waktu ke waktu, secara visual saya dokumentasikan sbb:

image

image

Pukul 8.51, oxymeter sudah mulai lebih cepat membaca denyut jantung dan kadar oksigen setelah posisi sensornya digerakan.
image

Jika besok pagi kondisi terus membaik, tentu sudah bisa segera pulih dan beraktifitas seperti biasa.

Itu semua belum berarti kesembuhan, namun saya tetap berdoa agar penyakit ini tidak semakin memburuk di masa depan dan sengaja berbagi di sini agar menjadi pengetahuan banyak orang dalam mengatasi dan memahami penyakit yang dialaminya.

Semoga bermanfaat…

Salam
Heru M Sidik

2 thoughts on “Acute blue finger

    1. herusidik Post author

      Sebenarnya buat catatan saya sendiri juga, karena suatu saat nanti saat saya sudah mulai pikun, mungkin perlu baca lagi supaya ingat apa saja yang sudah terjadi dan pernah saya alami, sehingga bisa menjadi catatan abadi.

      Reply

Leave a Reply

