Bersahabat dengan teman lama

Silaturahmi merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita, karena memperluas jaringan pertemanan, bisa menjadi kegiatan keseharian, memperluas sumber rejeki, memperpanjang usia, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, dan berbagai manfaat lainnya, simak manfaatnya disini.

Apalagi saat ini, jaman teknologi digital telah memudahkan kita semua untuk saling mengenali dan berinteraksi. Kebahagiaan saat masa kanak kanak, bisa di ungkap lagi dan bahkan bisa jadi penghilang jarak antara status sosial yang berbeda. Saat kita menjadi tua, tidak ada lagi yang mau mendengarkan kisah kita, kecuali teman atau mereka yang sama sama hidup pada jamannya. Ungkapan ini saya dengar langsung saat saya bertemu dengan para manula baik yang di panti werda maupun para manula yang berada di lingkungan keluarga, dan lingkungan teman teman kita sendiri.

Persahabatan adalah kebutuhan mahluk sosial seperti kita. Tanpa teman, hidup terasa asing, dan saya sendiri merasakan bahwa saat pertemuan dengan teman, malah sedapat mungkin kita membangun hubungan komunikasi yang semakin akrab, saling percaya dan bisa juga meningkat menjadi hubungan bisnis atau lebih dari itu, bisa jadi hubungan keluarga jika sampai besanan… ha..ha..ha…

Sahabat baru dan teman lama, sebenarnya sama saja, karena pada pertemuan di usia yang sudah semakin tua, ingatan masa lalu tentang sahabat kita itu, belum tentu sama dengan saat ini. Perbedaan status sosial, perbedaan latar belakang pendidikan, perbedaan lingkungan pergaulan, perubahan tingkat spiritualitasnya, dan masih banyak perbedaan lain yang akan merubah teman lama kita menjadi “orang baru” yang sama sekali berbeda. Itu sebabnya, saya melihat teman lama itu sama juga dengan teman baru, namun yang ingin saya tekankan disini adalah kesamaan usia, dimana kita sudah melalui “zona waktu” yang relatif sama, sehingga ada kemungkinan kita bisa melalui hari tua bersama sama, dengan alasan yang sederhana, bahwa: silaturahmi-mlc

Bersahabat dengan teman teman lama, itu penting karena hanya mereka yang akan tersisa, untuk menemani kita mengisi kegiatan sehari haris, saat kita semua semakin tua.

Dalam sebuah kesempatan kunjungan saya ke sebuah panti werda pada beberapa tahun yang telah lalu, saya menjumpai bahwa para manula ini sangat senang bertemu dengan mereka yang seusia, dan mereka bisa bersahabat, termasuk juga bermusuhan hanya gara gara cemburu jika ngobrol tidak ditanggapi oleh temannya…. sampai disini, bisa kita bayangkan bahwa dunia manula sebenarnya sama saja seperti dunia kita saat kanak kanak dulu, karena pekerjaan kita hanya bermain, makan dan istirahat saja.

Pada kesempatan berbeda, saya juga sempat bertemu dengan seorang manula yang setiap hari ditempatkan diteras oleh keluarganya, dan saat waktu makan dirawat dengan baik dan teratur, namun terlihat bahwa dia sangat kesepian. Saat kita sapa, terlihat raut wajah senang, namun bingung karena tidak tahu siapa yang menyapa, dan mau ngomong apa?

Dari uraian tentang manula di atas, saya merasa bahwa kita semua juga akan jadi manula seperti mereka, hanya saja situasinya harus kita rancang sejak sekarang, supaya hari tua bisa di isi dengan lingkungan baru yang penuh semangat dan persahabatan yang saling melengkapi, sehingga hari tua bisa di isi dengan kegiatan yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh dan akal kita.

Itu sebabnya, bersahabat dengan teman teman lama, akan lebih kuat manfaatnya karena kita punya masa lalu yang sama, dan bisa jadi bahan cerita yang diulang ulang tanpa pernah bosan. Oleh karena itu, ayo kita mulai bangun hubungan masa depan dengan merintisnya sejak sekarang melalui ikatan alumni, ikatan profesi dan ikatan komunitas lain yang akan mengisi hari hari tua dengan berbagai kegiatan positif selama hayat dikandung badan.

Semoga bermanfaat….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s