Nikmati suasana spiritual

Pernah terpikir kapan kita wafat…?

Tentu saja tidak ada yang tahu, apalagi merencanakannya, tapi sebenarnya, semua orang akan mati dengan berbagai cara dan gaya, ha..ha..ha..  Bener loh, ada yang takut mati, tapi gak bisa menolak kalo waktunya sudah tiba. Perencanaan untuk mati, hanya dimaksudkan untuk membekali diri dengan amal sholeh, agar saat masuk akhirat nanti, kita mendapatkan tempat yang layak di sisiNya. Namun begitu, setiap orang akan mati dengan meninggalkan kenangan dan warisan harta benda yang tersisa. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mulai mendalami agama ketika sudah manula, hanya untuk membuat hati menjadi lebih nyaman dan tenang saat ajal menyapa.

Sebegitu terlambatkah jika kita mulai ketika kita tua… ?

Tidak ada kata terlambat, nikmati suasana spiritual, mendalami agama dan kepercayaan masing masing, untuk mendekatkan diri menuju akhirat, karena sejatinya kita sedang dalam antrian menunggu panggilanNya.

Setiap orang boleh merencanakan akhiratnya kapan saja, semakin muda semakin baik, jadi tidak ada batasan kapan harus mulai, namun saat kita sudah mulai, nikmati suasana spiritualnya, karena disana ada ketenangan, kesejukan bathin dan keikhlasan, yang akan membuat jiwa raga yang sudah renta menjadi lebih sehat.

Umur tidak bisa diduga, tapi para manula yang menembus usia diatas 80 tahun, ternyata menikmati kehidupannya dengan baik, mereka mempunyai indikator kenyamanan dengan 3 hal utama, yakni tidur enak, makan enak dan (maaf) BAB enak. Semua itu bisa dicapai jika kita punya semangat spiritual yang baik, berpikir positif, memaafkan semua kesalahan orang, mencintai rutinitas harian, dan bahkan bersyukur atas semua kesempatan yang sudah diraih selama ini. Cara ini, akan membuat kita meninggalkan kenangan baik bagi lingkungan dan keluarga, serta mewariskan ilmu dan harta yang bermanfaat bagi orang sekitar.

Itu semua merupakan rangkuman penting yang saya dapat dari seorang manula yang saat ini masih aktif bekerja dengan keikhlasan yang luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s