Pelihara Kesehatan Sejak Muda

Pernah terbayang jika anda menjadi orang tua yang sudah renta, sedang sakit dan tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan orang lain? Walaupun tidak semua orang beruntung punya tubuh yang sehat dan lengkap sejak lahir, namun pada umumnya setiap manusia lahir dengan segala kesempurnaannya, dan puncak kesehatan manusia adalah ketika kita tumbuh menjadi dewasa muda. Jadi jangan heran kalo anak muda suka petentang pententeng nantangin duel atau adu kekuatan fisik. Padahal fisik itu yang akan terus semakin rapuh serta tidak lagi mampu mendukung kemauan alam pikiran yang bisa terus menjelajahi alam semesta, atau bisa juga akhirnya  pikiran itu terperangkap dalam tubuh yang sakit. Jangan sampai hanya gara gara duel fisik, tubuh yang mudah dan sehat menjadi cidera dan cacat, apalagi sampai menimbulkan penderitaan bertahun tahun, alangkah sedihnya harus kehilangan kesehatan justru ketika kita sedang berada di usia produktif.

Memelihara kesehatan sejak muda, bisa dilakukan dengan menjaga gaya hidup yang sehat, hindari kebiasaan yang akan mengancam kesehatan, apalagi sampai melakukan kegiatan yang beresiko mencederai fisik. Kesehatan menjadi faktor penting untuk bisa menikmati kehidupan ini, kegagalan menjaga tubuh tetap sehat, akan menjadi perangkap atas penderitaan lahir bathin sepanjang hayat. Banyak orang yang berkelakar, bahwa saat muda kita tidak bisa makan enak karena tak punya uang, saat punya uang malah sudah dilarang makan enak karena alasan kesehatan. Hidup itu penuh ironi, jadi menikmati kehidupan itu juga salah satu faktor penentu dalam menjaga kesehatan.

Apabila anda sudah merasa terlambat untuk menjaga tubuh yang sudah renta dan terlanjut sakit, maka pesan di atas sebenarnya juga belum terlambat. Menjaga kesehatan tubuh yang tersisa, juga perlu agar tidak semakin parah atau bahkan menjadi  sakit yang berkelanjutan. Jika tubuh ini sakit, kenali masalahnya dan lakukan langkah tepat agar kesehatan tubuh bisa bertahan lebih lama.

Mengapa harus mempertahankan kesehatan selama mungkin…?

Karena, walaupun umur ditangan Tuhan, tapi tidak ada orang yang  mau punya umur panjang tapi dalam keadaan sakit-sakitan. Jadi menjaga kesetahan sejak muda, adalah salah satu cara untuk bertahan sehat sampai akhir hayat. Tubuh sehat juga bagian dari kebahagiaan yang harus kita raih, jangan pernah membiarkan pekerjaan mengendalikan kehidupan kita sehingga harus kehilangan kesehatan. Menjaga kesehatan harus dimulai dengan memahami kondisi tubuh, mengenali sinyal alarm tubuh yang dengan setia memberikan alert melalui pesan pesan sederhana, seperti rasa sakit pada bagian tubuh, rasa pening, penglihatan yang kabur, kesemutan pada anggota tubuh, rasa nyeri pada bagian tertentu, rasa ngilu pada gerakan tertentu, atau gejala lain yang terkesan remeh dan tidak mempengaruhi kegiatan kita.

Pesan pesan yang disampaikan oleh tubuh, sebenarnya sudah kita ketahui sejak kita bayi. Itu sebabnya bayi menangis saat lapar, haus, sakit atau merasa tidak nyaman, tidak aman dan bahkan jika berada di lingkungan asing. Sinyal-sinyal semacam itu terkesan remeh dan tidak penting, namun pada kenyataannya, rasa kesemutan yang ringat, bisa berarti tanda tanda adanya syarat yang mengalami gangguan akibat aliran darah yang kurang lancar. Bahkan penyakit jantung, yang membunuh manusia dengan seketika juga bukan tanpa peringatan. Rasa sakit itu sudah terasa sejak awal gejala pertama terjadi, hanya saja banyak orang yang kurang peka memperhatikan sinyal tersebut, sehingga bisa terjadi kita mengalami stroke tanpa pernah memperhatikan tanda tanda tersebut.

Hidup sehat juga bisa dimulai melalui pergaulan dengan orang orang sehat, mereka yang suka merokok, tentu harus kita hindari jika kita tidak ingin merokok, dan bagi yang sudah jadi perokok, tentu bisa berusaha menghentikan kebiasaan buruknya, dengan mencari lingkungan pergaulan yang bebas rokok.

Semua hal yang saya tulis di atas, merupakan kajian yang saya peroleh dari obrolan ringan saat membesuk rekan rekan yang sedang sakit. Mereka umumnya bercerita tentang latar belakang penyakitnya, dan mereka juga sadar bahwa kualitas hidupnya menurun, dan terancam ketika mereka mengabaikan sinyal tanda kesehatan sedang terganggu. Oleh karena itu, ayo kita hindari risiko kesehatan yang lebih buruk dengan menjaga kesehatan sejak sekarang, dan lebih baik lagi jika kita menyadarinya sejak kita muda.

Semoga bermanfaat…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s